logo logo

Selamat menyongsong tahun 2014

Apakah anda sudah siap untuk membuat tahun 2014 ini adalah tahun terbaik anda?

 Sangat mudah untuk memulai tahun baru penuh antusiasme dan optimisme . Tetapi untuk menjaga momentum anda sepanjang tahun , anda perlu usaha yang keras dan  tujuan yang sebening kristal .

 Langkah pertama untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan dari hidup ini adalah memutuskan apa yang  anda inginkan .

 Apa yang ingin anda capai ?

Apa yang anda ingin alami ?

Apa yang anda ingin dapatkan ?

Apa yang anda inginkan untuk masa depan?

Ingin menjadi apa anda?

 Salah satu alasan utama kebanyakan orang tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan adalah bahwa mereka tidak jelas tentang apa yang mereka inginkan . Orang lain akan mengenali apa yang mereka ingin miliki , tetapi ketika mereka tidak bisa melihat bagaimana hal itu mungkin untuk didapatkannya , mereka akan  mengabaikan keinginan mereka sebagai keinginan yang bodoh dan tak terjangkau .

 Jangan menyabotase diri sendiri dengan cara seperti  ini !

 Setelah beberapa dekade penelitian bagaimana otak manusia bekerja , para ilmuwan sekarang mengetahui bahwa otak kita mencari tahu bagaimana cara mendapatkan apa yang kita inginkan , yaitu kita harus terlebih dahulu memutuskan apa yang kita inginkan. Setelah kita mengunci  keinginan kita , pikiran kita dan alam semesta bisa turun tangan untuk membantu membuat impian kita menjadi kenyataan .

Mimpi Besar

Kita memulai proses dengan mendapatkan jelas tentang apa yang kita inginkan . Jadi , apa yang  anda inginkan ? Untuk menciptakan kehidupan yang seimbang dan sukses , tuliskan minimal 3 tujuan  dalam masing-masing dari 7 bidang berikut :

1.Tujuan Keuangan

2. Karir / Tujuan Bisnis

3. Waktu luang / Waktu Keluarga

4. Tujuan Kesehatan / Penampilan

 5. Tujuan hubungan pribadi dengan keluarga / pasangan

6. Pertumbuhan Pribadi

7. Kontribusi/ Amal sosial bagi lingkungan

 Jika  anda memiliki tujuan yang lebih dari ini , jangan membatasi diri – menuliskannya !

Di sisi lain , jika menuliskan 21 gol sepertinya banyak, ingatlah bahwa kita dapat memiliki campuran tujuan jangka panjang dan pendek . Sebagai contoh, di bidang keuangan , anda mungkin memiliki tujuan jangka pendek melunasi hutang kartu kredit anda 5 juta rupiah, serta tujuan jangka panjang mengumpulkan kekayaan bersih sebesar  5  milyard rupiah . Anda ingin menyimpan dua gol tersebut untuk  hadir dalam pikiran anda , meskipun anda akan bekerja lebih aktif pada tujuan jangka pendek pertama .

Regangkan Diri

Ketika menetapkan tujuan, penting untuk memasukkan beberapa yang akan membuat kita meregangkan dan tumbuh untuk mencapai tujuan itu . Ini mungkin belajar keterampilan baru atau mencoba sesuatu yang tidak nyaman dan mungkin sedikit menakutkan , seperti menjadi pembawa acara atau menjadi artis di TV . Hal ini juga membantu untuk menetapkan tujuan terobosan yang akan mewakili lompatan kuantum . Contoh tujuan terobosan ini termasuk penerbitan buku , memulai bisnis , menjadi bintang di acara TV , memenangkan medali emas di pertandingan skala nasional , atau terpilih sebagai presiden/pimpinan asosiasi/perkumpulan professional/industri anda.

Mencapai tujuan keuangan dan gaya hidup itu penting , tetapi yang lebih penting adalah untuk menjadi master  dalam kehidupan anda . Dalam jangka panjang , manfaat terbesar yang kita terima dari mengejar mimpi kita bukanlah hanya hasilnya saja , namun bagaimana kita melalui proses dalam mencapai tujuan tersebut.

Simbol luar kesuksesan semua dapat dengan mudah hilang . Rumah terbakar , perusahaan bangkrut , hubungan  pribadi berakhir , mobil tua , badan lemah tambah tua dan ketenaran berkurang ;  tapi siapa anda , apa yang  anda pelajari , dan keterampilan baru yang telah anda kembangkan tidak pernah pergi . Ini adalah hadiah kesuksesan yang sesungguhnya . Bapak filosofi dunia Jim Rohn menyarankan bahwa ” Anda harus menetapkan tujuan yang cukup besar yang dalam proses mencapai hal itu,  anda menjadi seseorang yang layak apa yang anda inginkan . “

 Hidupkan Mimpi Anda Ke Daftar  Tujuan dan Sasaran

Setelah anda jelas tentang apa yang  anda inginkan, tuliskan dan ubahlah  setiap daftar tujuan itu menjadi tujuan yang  terukur . Terukur  disini berarti terukur dalam ruang dan waktu ; berapa banyak dan kapan .

Misalnya, jika anda  memberitahu saya bahwa anda ingin lebih banyak uang , saya bisa mengeluarkan seribu rupiah dan memberikannya kepada anda . Anda mungkin akan protes , mengatakan ” Tidak, saya ingin lebih banyak uang , seperti satu juta “

Saya tidak akan tahu bagaimana anda akan mendefinisikan ” uang lebih ” kecuali anda memberitahu saya , kan?

Demikian pula , atasan anda , teman anda , pasangan anda , otak anda , Tuhan , dan alam semesta tidak tahu apa yang  anda inginkan kecuali anda memberitahu mereka secara spesifik apa itu . Apa sebenarnya yang anda inginkan dan kapan anda akan memperolehnya  ?

 Tujuan Anda Dampak terhadap Lainnya

Segera setelah anda berkomitmen untuk mimpi besar dan benar-benar ingin meraihnya, pikiran bawah sadar anda menjadi kreatif dan akan muncul dengan ide-ide besar untuk mewujudkannya . Anda akan mulai menarik orang-orang , sumber daya , dan peluang yang anda butuhkan ke dalam hidup anda untuk membuat impian anda menjadi kenyataan . Impian besar tidak hanya menginspirasi anda , tetapi juga memaksa orang lain untuk ingin bermain besar.

Anda juga akan menemukan bahwa ketika mimpi anda memberikan manfaat  kepada banyak orang,  yaitu mencapai sesuatu yang memberikan kontribusi kepada orang lain – maka hal itu akan mempercepat proses dari pencapaian tujuan tersebut . Orang-orang ingin menjadi bagian dari sesuatu yang memberikan kontribusi dan membuat perbedaan .

Bekerja pada daftar tujuan harian

Untuk menjaga pikiran bawah sadar anda terfokus pada apa yang  anda inginkan , baca daftar tujuan anda sehari-hari . Untuk pendekatan yang lebih kuat , tutup mata anda dan fokus pada setiap tujuan dan bertanya pada diri sendiri , ” Apa salah satu hal yang bisa saya lakukan hari ini untuk bergerak ke arah dalam mencapai tujuan ini ? ” Tuliskan jawaban anda dan ambil tindakan-tindakan menuju tujuan tersebut. .

Pernah mendengar lelucon ,  Bagaimanakah cara memakan gajah yang besar ? apakah bisa langsung kita telan bulat-bulat gajah itu?

Cara yang paling mudah adalah mempunyai gajah itu terlebih dahulu, terus gajah itu di tembak, kemudian gajah itu dipotong-potong kecil,sesuai ukuran yang dapat dimasukkan kedalam mulut.

Sekarang  yang perlu kita renungkan sebelum memakan gajah,  sudah punyakah gajah besar itu yang akan kita makan?

Selamat menyongsong tahun 2014 ini dengan antusi dan gairah yang tinggi, dan perlu diingat sekali, antusiame dan gairah itu perlu dipertahankan sehingga proses dalam pencapaian impian anda tersebut dapat menjadi hal yang baik dalam diri anda. Selamat tahun baru 2014

Salam doktermandiri

Maulana Adrian S

Senangnya berbagi !
  • Twitter
  • Facebook
  • email
  • Google Reader
  • LinkedIn
  • Google Bookmarks
  • Tumblr
  • More
bottom

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

bottom