logo logo

Mencari kebenaran dalam berusaha di bidang kesehatan

Halo sobat doktermandiri dimanapun berada

Senang sekali dapat menjumpai anda dalam keadan yang sehat dan babagia

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan sya mengenai memulai usaha dalam bidang kesehatan. Ada 3 prinsip utama sebelum kita memulai suatu usaha dalam bidang ini yakni :
1. Temukan kebutuhan nyata dan tersamar bagi masyarakat sekitar tempat kita akan mendirikan usaha tersebut. Cari penderitaan apa yg selama ini di alami oleh masyarakat tersebut mengenai kebutuhannya akan jasa atau produk yg akan kita tawarkan. Dan pastikan pasar tersebut besar dan cukup mampun untuk membeli atas produk / jasa yg akan kita jual. Langkah ini sangat penting dan harus dilakukan, ternyata menurut pengalaman kami jika kita gagal mengidentifikasikan hal ini dampaknya sangat besar dalam hal investasi yang kita keluarkan. Dan ternyata walau kita sudah melakukan kegiatan ini, belum tentu menjamin keberhasilan usaha kita 100 persen, apalagi jika kita tidak melakukan kegiatan ini. Riset pasar baik secara langsung ataupun tidak langsung dapat kita lakukan dalam kegiatan ini, banyak komponen yang dapat diteliti dalam pemahaman kebutuhan pasar ini, yang paling mudah adalah mengikuti jejak perusahaan besar yg telah melakukan riset pasar ini atau melihat apakah ada kompetitor yg telah terlebih dahulu ada dalam pasar yang akan kita masuki dan terbukti bertahan dan tumbuh dalam usaha yg dilakukannya. Selain hal tersebut kita juga dapat melihat ilmu riset pasar dalam pembelian suatu properti yang menguntungkan.Ada istilah ‘fire’ dalam melihat properti yang tumbuh yakni adanya kantor atau bangunan yang digunakan untuk kegiatan usaha; f=financing i=insurance agen r= real estate broker e=education & entertainment.
Jadi jika dalam suatu wilayah dimana usaha tersebut akan kita dirikan maka paling tidak ada kantor finance/!2perbankan bisa bank; bpr ataupun kantor/ tempat instrumen finansial seperti atm, kantor pos , payment post, dsb”
Langkah kedua setelah kita melakukan riset pasar akan kebutuhan nyata atau tersamar akan produk/ jasa kita maka langkah kedua adalah :
2. Ciptakan suatu daya tarik atau nilai tambah dalam usaha kita tersebut agar pasar yg kita tuju dapat segera mengakses / membeli produk / jasa kita. Ada istilah USP dalam memberikan nilai tambah ini, yakni Ultimate advantage, sensasional offer dan powerfull promise, dimana apa yg kita jual tersebut kita kemas sedemikian rupa agar mempunyai nilai tambah yg besar, memiliki penawaran yg sensasional dan janji janji yang sangat dapat dipercaya dan dipahami manfaatnya. Misal kita jual praktek dokter yang memberikan pelayanan yg spesial spt layaknya jika kita dilayani oleh manajer hotel berbintang 5 plus ditambah penawaran yang sukar untuk ditolak seperti gratis untuk kunjungan ke rumah jika membutuhkan pertolongan sewaktu waktu dan memberikan garansi jika kita tidak dapat menangani keluhannya maka kita bersedia membantu untuk mengantar ke tempar rujukan terdekat dgn kendaraan pribadi kita.
3.Langkah ke tiga adalah memberikan pelayanan yang dapat diingat dan lebih dari harapan pelanggan kita. Pelanggan harus menerima pelayanan yang tidak disangka sangka sehingga mereka akan berkata woow dan akan membicarakan layanan yang diterima kepada sahabat,kerabat dan orang lain yang dalam pengaruhnya. Orang yang merasa terkesan entah itu dengan pelayanan baik atau pelayanan buruk akan bercerita sedikitnya 7 orang. Dengan adanya cerita dari pelanggan yang berkata woow tersebut maka bisnis kita akan dapat menghemat biaya promosi dan selalu diingat oleh orang yang cerita dan yang diceritakan. Layanan yang membuat woow itu tidak hanya memberikan layanan yang sempurna namun layanan yang dapat mengerti apa yang diinginkan oleh pelanggan kita. Posisikan para petugas / sdm dalam bisnis kita paham akan apa kebutuhan pelanggan saat itu dengan cara menempatkan dirinya seperti apa yang dirasakan,didengar dan dilihat pelanggan kita akan masalahnya.Kita sebagai pemilik bisnis juga diharapkan mempunyai empati kepada pelanggan dan para sdm kita sehingga akan membentuk karakter dan kiltur dari usaha kita yang selalu mengutamakan empati dalam melayani para pelanggannya

Demikian sobat, semoga tulisan singkat ini dapat memberikan wawasan tentang bagaimana memulai suatu usaha memang membutuhkan perlakuan-peelakuan khusus agar dapat berhasil dan tahan lama.

Senangnya berbagi !
  • Twitter
  • Facebook
  • email
  • Google Reader
  • LinkedIn
  • Google Bookmarks
  • Tumblr
  • More
bottom

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

bottom