nav-left cat-right
cat-right

AYO BUAT KLINIK

AYO BUAT KLINIK

APA ITU KLINIK ?

Istilah Klinik sering sekali digunakan dalam kosakata keseharian, banyak yang menggunakan istilah klinik untuk membuat kegiatan tersebut tampak ilmiah, seperti klinik desain, klinik internet,klinik  hukum, klinik pajak dan masih banyak lagi.

Asal mulanya kata klinik ini adalah dari seorang ahli kesehatan / dokter jaman dahulu di Yunani tahun 1628 yakni L.Cliniccus, dan berkembang menjadi istilah popular pada ahkir-ahkir ini. Apapun dan bagaimanapun penggunaan kata klinik kami kira tidak perlu dirisaukan dan menurut kami definisi dari klinik yang akan kita bahas dalam ebook ini adalah :

“Klinik adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan yang menyediakan pelayanan medis dasar dan/atau spesialistik, diselenggarakan oleh lebih dari satu jenis tenaga kesehatan dan dipimpin oleh seorang tenaga medis yakni dokter umum, spesialis, ataupun dokter gigi umum atau dokter gigi spesialis “

( Pasal 1 Permenkes no 028/2011 )

Istiah tersebut kami kutip di peraturan menteri kesehatan Indonesia tahun 2011, dan peraturan – peraturan yang menyangkut keberadaan klinik baru ada di tahun 2011, kami yakin sejak peraturan menteri kesehatan itu dibuat maka tatacara dalam berbisnis & memiliki klinik akan lebih teratur dan bermanfaat bagi banyak orang termasuk penyelenggara /provider klinik ataupun pengguna / user dari klinik tersebut.

Ada banyak peraturan/ perundangan yang  ada di Indonesia ini mengenai layanan kesehatan, jika anda memang ingin terjun dalam bisnis & memiliki klinik silahkan pelajari berbagai aturan dan perundangan yang ada di Negara ini agar tidak mudah dibingungkan dengan kejadian-kejadian dalam pelaksanaan bisnis ini nantinya.

Kami merekomendasikan anda untuk sekedar membaca aturan main dalam bisnis kesehatan ( terlampir dalam ebook ini ) yakni :

  1. Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran
  2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1996 tentang Tenaga Kesehatan
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2009 tentang Pekerjaan Kefarmasian
  5. Peraturan Menteri Kesehatan no 028 tahun 2011 tentang Klinik
  6. Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 364/Menkes/SK/III/2003 tentang Laboratorium Kesehatan;
  7. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 512/Menkes/Per/X/2007 Tentang Izin Praktik Dan Pelaksanaan Praktik Kedokteran;
  8. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 269/Menkes/Per/III/2008 tentang Rekam Medis;
  9. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 290/Menkes/Per/III/2008 tentang Persetujuan Tindakan Kedokteran;
  10. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 657/Menkes/Per/VIII/2009 tentang Pengiriman dan Penggunaan Spesimen Klinik, Materi Biologik dan Muatan Informasinya;
  11. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor Nomor 411/Menkes/Per/III/2010 tentang Laboratorium Klinik

Dengan mengetahui aturan main yang ada di Negara Indonesia ini maka anda dalam menjalankan bisnis ini  menjadi  tenang dan bisa merencanakan operasional klinik kedepannya. Tidak perlu di pusingkan dengan aturan-aturan yang belum jelas petunjuk pelaksanaannya, selalu tanyakan kepada dinas kesehatan kota/kabupaten setempat jika terjadi sesuatu yang janggal. Perlu diperhatikan juga bahwa walaupun bisnis ini mempunyai manfaat  untuk menolong orang lain, tidak berarti bisnis ini menyepelekan aturan yang ada. Patuhi semua aturan yang ada maka kami yakin usaha ini dapat memberikan manfaat yang berlimpah bagi pemilik dan penggunanya.

Bisnis ini memiliki resiko yang besar, begitu juga dengan bisnis-bisnis yang lain, semua tindakan yang kita ambil akan beresiko jika kita tidak mengetahui aturan main dan kita tidak mempunyai kompetensi dalam melakukan bisnis ini. Maka kurangi resiko tersebut, minimalisasikan resiko ini dengan membaca aturan dan perundangan yang ada.

Karena bisnis ini menyangkut akan keselamatan banyak orang, maka pemerintah melalui aparatnya akan selalu mengawasi dan meminta laporan dari kegiatan bisnis ini. Saran kami jika usaha klinik ini mendapati tamu dari aparat, entah itu dari kepolisisan, dinas kesehatan, BPPOM atau yang sejenisnya, tanyakan selalu surat tugas kepada aparat / petugas yang melakukan pendataan dan peninjauan bisnis klinik ini, dan hindari memberikan uang tips kepada mereka agar mereka melakukan tugas secara proporsional dan profesional.

Menurut Peraturan menteri kesehatan, Berdasarkan jenis pelayanannya, klinik dibagi menjadi Klinik Pratama dan Klinik Utama.

  1. Klinik Pratama  merupakan klinik yang menyelenggarakan pelayanan medik dasar yang  dilayani oleh dokter umum dan dipimpin oleh seorang dokter umum.  Berdasarkan perijinannya klinik ini dapat  dimiliki oleh badan usaha ataupun perorangan
  2. Klinik Utama merupakan klinik yang menyelenggarakan pelayanan medik spesialistik atau pelayanan medik dasar dan spesialistik. Spesialistik berarti mengkhususkan pelayanan pada satu bidang tertentu berdasarkan disiplin ilmu, golongan umur, organ atau jenis penyakit tertentu. Klinik ini dipimpin seorang dokter spesialis ataupun dokter gigi spesialis. Berdasarkan perijinannya klinik ini hanya dapat  dimiliki oleh badan usaha berupa CV, ataupun PT.

Dalam perjalanannya jika Klinik Pratama menyelenggarakan rawat inap maka peijinan kepemilikan harus menggunakan badan usaha, dan jika klinik tersebut diatas menyelenggarakan pelayanan 24 jam maka, sumber daya medis / dokter harus dipenuhi sesuai jam pelayanan klinik tersebut dibuka.

Kami mengundang anda untuk bergabung bersama kami, silahkan bergabung di komunitas klinikmandiri   kami di http://www.klinikmandiri.com  atau ikuti workshop mendirikan dan mengelola klinik di http://workshop.klinikita.co.id

 

Senangnya berbagi !
  • Twitter
  • Facebook
  • email
  • Google Reader
  • LinkedIn
  • Google Bookmarks

37 Responses to “AYO BUAT KLINIK”

  1. Winda says:

    Mau tanya , kalo klinik madya itu gimana ya ? Soalnya ada tugas tp labor madya yg dapet , bisa tolong info ya klinik madya :)

  2. ali asa ad says:

    as ww
    mohon petunjuk utk membuat ruangan iccu utk dua pasen dewasa dan dua bayi dengan uklurar ruangan yg ada 4 x 10 meter

  3. Susi says:

    Dok . . .mau tanya.kalau perubahan klinik utama menjadi rs ibu dan anak. . Apakah pembuatan Pal itu wajib?kira2 pembuatan ijinya susah gak ya?

  4. dj says:

    Tolong masukannya.
    Untuk klinik pratama, berbentuk perorangan SDM minimal: dokter 1 org, perawat 1 org, AA 1 org.Cukup?minimal ya sesuai peraturan.Trims

  5. Puji Raharjo says:

    Yth. Calon Pengelola Klinik Dokter
    di Tempat

    Kami menyewakan Ruang berukuran 8x9m yang dapat digunakan untuk Klinik Dokter Umum, beralamat di Komplek Taman Rezeki, Jl. Kiangsana No. 2, Cibinong 16918.

    Apabila Bapak/Ibu berminat, silahkan menghubungi kami :
    - Email : pujiraharjo76@ymail.com
    - HP. 085710716556
    - HP. 085693204973

    Terima kasih.

    Ttd.
    Puji R.

  6. pipin says:

    Mohon informasinya kapan akan diadakan workshop tentang klinik di semarang untuk tahun 2014 ini ? dan biayanya brapa yaa..?
    Trimakasih informasinya

  7. Albi says:

    Pak mau tanya saya pemilik klinik kesehatan yg belum lama berdiri ….klu untuk ikut jadi penyelenggara kesehatan gimana dalam mensukseskan program pemerintah JKN/BPJS soalnya sampai saat ini belum ada sosialisasi tentang BPJS..baik pada masyarakat maupun kami sebagai pemilik klinik..prosedurnya gimana…? lokasi kami dsubang, kecamatan cipunagara…terimakasih

  8. dr.kholid says:

    ijin tanya dok, saya dokter spesialis mata berencana mau membuat klinik mata di daerah saya,tapi agak galau karena adanya aturan bpjs, apa masih bisa laku ya pak klinik swasta kalo bpjs ada, kalaupun kita ikut kerjasama dengan bpjs apa bisa pak? rencanana saya klinik saya bakal ada ok untuk operasi kataraknya , mohon pencerahan pak buat ke galauan saya….

  9. Bima says:

    Apakah klinik utama boleh memiliki ruang tindakan yg dpt digunakan untuk operasi spt biopsi atau fungsi kista dg menggunakan anastesi.
    Terima kasih

    • doktermoez says:

      Klinik utama hanya diperbolehkan memiliki laboratorium/ruang tindakan sederhana, jika fasilitas,keahlian dan peralatannya lebih dari sederhana diwajibkan untuk mengajukan ijin laboratorium/ rumah sakit khusus. Dalam hal ini tindakan biopsi / ruang biopsi digolongkan tindakan lanjut.

  10. Bima says:

    Selamat siang dok,
    Mau tanya, apakah dg ijin klinik Pratama bisa memilki ruang operasi dan melakukan tindakan operasi dengan ataupun tanpa anastesi.
    Terima kasih

    • doktermoez says:

      Klinik pratama & utama hanya diperbolehkan memiliki laboratorium/ruang tindakan sederhana, jika fasilitas,keahlian dan peralatannya lebih dari sederhana diwajibkan untuk mengajukan ijin laboratorium/ rumah sakit khusus. Dalam hal ini tindakan operasi / ruang operasi membutuhkan keahlian & peralatan khusus/ bedah mayor maka diwajibkan untuk mengajukan ijin menjadi rumah sakit khusus.

  11. Rosy says:

    Mohon informasi syarat2 buat klini apa saja??

    • doktermoez says:

      Syarat-syarat pendirian klinik silahkan ke BPPT kota/kabupaten setempat agar lebih detail. Untuk kota – kota yang mempunyai website bisa diakses ke BPPT. Terimakasih

  12. Mochamad Robby Fajar Cahya says:

    Pak saya mau bertanya, saya dalam waktu dekat akan membuat klinik dengan rekanan yg berpraktek bidan dan dokter gigi, kira2 untuk bagi hasilnya bgimn ya …
    Perlu di ketahui saya sebagai owner hanya memiliki tempat saja untuk perlengkapan dental dan bidan dari pihak rekanan yg siapkan. Dengan kondisi demikian bgimn sistem bagi hasilnya….

  13. Muhammad Rofiqin says:

    Assalamu’alaikum wr. wb. Perkenalkan saya Mamad dari Pacitan. Dulu waktu kecil aku punya cita cita jadi dokter. Karena kondisi yang tidak memungkinkan (bapak petani biasa, sejak SD s/d SLTA setiap pulang sekolah aku menggembala sapi)aku tidak bisa kuliah. Sejak Lulus MA Maarif th 1995, untuk meraih mimpiku aku berusaha mencari rezeki namun tidak mau bekerja ikut orang (jadi karyawan). Lebih dari 20 macam pekerjaan pernah aku lakukan (jual koran, jual jamu, jual ikan laut keliling, jual kacamata dll). Alhamdulillah dari usahaku yang sekarang sedang berkembang,meski belum punya mobil pribadi th 2011 aku bisa beli Suzuki Luxury (meski kredit he..he..)yang aku gunakan untuk antar jemput orang sakit secara gratis (100% tidak mbayar). Meski belum punya rumah, saat ini kami sedang membangun 5 unit rumah sehat (masing masing : 2 kamar, 2 KM dan taman)yang akan kami gunakan untuk rawat inap orang sakit secara gratis. Kami bukan orang politik, Semua ini kami lakukan semata mata karena saya bersyukur, dulu sepertinya bisa beli motor saja tidak mungkin alhamdulillah sekarang sudah bisa. Soal perijinan insyaallah tidak ada masalah. Rawat inap tsb insyaallah akan mulai melayani pasien mulai desember 2013. Kami membutuhkan 2 dokter yang mau bekerja sama untuk pelayanan yang profesional (kami siapkan imbalan yang layak), karena meskipun gratis tapi VIP. bagi yang berminat mohon hubungi kami di 081 913 091 001. terima kasih.

  14. Muhammad Rofiqin says:

    Saya Mamad dari Pacitan, bukan dokter bukan tenaga medis. sejak 20 November 2011 menyelenggarakan Travelgratis, angkutan antar jemput untuk orang sakit. Saat ini kami sedang membangun Rawat Inap Gratis di kabupaten Pacitan. Apabila ada dokter yang siap bergabung (kami sediakan imbalan yang layak) bisa cantact kami di 081 913 091 001.

  15. muhammad abdullah says:

    Nah, kalau sudah bikin klinik dan jadi. ingat, jangan menyengsarakan orang lain. sampai ada dokter yang digaji dibawah umr, tanpa ada asuransi kesehatan/ jamsostek, begitu juga perawat dan tenaga admin, tetap harus mengacu pada UMR bukan hanya ingin sosial.

    jadilah seperti filosofi matahari yang menyinari tapi tetap utuh tidak seperti lilin yang menyinari tapi dianya sendiri terbakar.

    terima kasih. salam sejawat

  16. susilowaty says:

    ass. saya susi, seorang admin disebuah klinik paru paru.saya bingung masuk dlm kategori pratama atau utama klinik tempat saya itu.klinik buka hanya dari jam 8.00 s/d 14.00.ada laborat,pelayanan ronsen,dokter umum ada 2 yg tetap yg freelance ada 2.perawat ada 2.radiolog ada 1 dan admin.kita hanya menerima dan mengobati pasien TBC.termasuk kriteria apa dok?makasih.kita sudah berdiri sejak 25 thn yg lalu,tapi gaji kita dibawah UMR ,,apa karena manajemen yg buruk ya dok..padahal pasiennya banyak..

    • doktermoez says:

      Lebih baik ibu bertanya kpada pimpinan klinik tersebut, namun jika ibu masih tidak puas lebih baik membuat keputusan sekarang juga, mau lanjut atau berusaha mendari ilmunya, kenalannya dan penghasilannya kemudian ibu mencari mitra yang mempunyai satu tujuan untuk mendirikan klinik sendiri. Kini saatnya kita tentukan nasib kita sndiri, dan saya yakin itu bisa bu. Terimakasih

  17. ssumantri says:

    badan usaha untuk klinik bukannya dalam bentuk hukum? krn lbs dlm usaha bidang jasa Dan sosial…klo .cv lbh ke profit

    • doktermoez says:

      Terimakasih tanggapannya pak sumantri, yg dimaksudkan oleh permenkes 028/2011 tentang klinik adalah badan hukum yang diakui oleh negara dan mempunyai kewajiban utk melaporkan usahanya melalui laporan keuangan yang disampaikan minimal setahun sekali melalui pelaporan SPT tahunan dgn NPWP badan. Walaupun klinik itu bergerak dalam bidang sosial namun kegiatan yang mempekerjakan orang dan memberikan penghasilan / keuntungan wajib membuat pembukuan dan membayar pajak penghasilan

  18. titi says:

    kami mau membuat klinik Layanan Kesehatan Cuma-Cuma LKC) Dompet Dhuafa di Purwokerto, tapi kami masih kesulitan untuk mendapatkan dokter. kami batu punya dokter 1, mohon info apabila ada rekan2 dokter yang bersedia bergabung bersama kami. hub kami di 085747199562. terimakasih

  19. dr Kt Sudarsana,MPH says:

    Apakah Klinik diperbolehkan mempunyai ruang operasi serta melakukan tindakan operasi seperti SC?Terima kasih

    • mulziah says:

      apakah klinik utama yang dipimpin oleh spesialis kandungan boleh memiliki ruang operasi utk sc?

      • doktermoez says:

        Untuk Klinik utama tidak diperbolehkan untuk mempunyai ruangan SC, bisa dilihat di permenkes no 666/2007 tentang pelayanan yang diperbolehkan oleh klinik rawat inap, untuk mempunyai ruangan operasi harus mempunyai instalasi pendukung seperti ICU, NICU. Untuk dapat mempunyai ruang operasi harus ditingkatkan menjadi rumah sakit bersalin atau rs khusus dapat dilihat di permenkes 340/2010. terimakasih

  20. apa persyaratan untuk mebuat klinik gigi?

    • doktermoez says:

      Persayratannya sama seperti mendirikan klinik pratama/utama. Silahkan datang ke BBPT ( Badan Pelayanan Perijinan Terpadu ) atau DKK bagian Yankes kota/kabupaten setempat untuk mendapatkan informasi macam / syarat perijinannya, karena daerah satu sama daerah lain dapat berbeda

  21. jasmine says:

    apakah klinik kecantikan termasuk klinik pratama atau klinik utama?

    • doktermoez says:

      Klinik kecantikan estetik bisa berbentuk klinik pratama atau utama, jika berbentuk pratama silahkan dikondisikan dengan dinas kesehatan setempat yang mengeluarkan ijin karena mungkin ada beberapa setifikasi yang dibutuhkan dalam perijinannya, hal ini diperbolehkan karena permenkes 028/2011 tidak mengharuskan klinik kecantikkan sebagai klinik utama

  22. mido says:

    mau tanya nih.. kalau mau buka usaha klinik obat herbal gmn ya???
    saya bukan dokter, perawat. atau lulusan sarjana tentang kesehatan…
    terimakasih

    • doktermoez says:

      Kalau klinik diatur di permenkes 028/2011, namun kalau membuat griya herbal/griya jamu bisa dilakukan oleh orang bukan dokter. Untuk menggunakan nama klinik harus menyesuaikan dengan aturan tersebut dimana penanggungjawab harus seorang dokter

  23. dr. Ariyanti Yusnita says:

    Mohon informasi syarat-syarat pendirian klinik apa saja ya? dan bila tanpa apotek apakah dapat menyediakan obat sendiri?
    trmkasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>