logo logo

Langkah ke 3 untuk menaikkan laba usaha

Halo para sahabat doktermandiri .com dimanapun berada, kali ini kami akan melanjutkan tulisan kami mengenai langkah-langkah untuk menaikkan laba usaha kita, dan seperti tulisan kami terdahulu ada 5 langkah yang kami bahas di sini, dan kali ini kami akan membahas langkah ke tiga yakni  perbanyak para pembeli tersebut membeli produk/jasa kita dalam sekali kunjungannya.

Sebelumnya kami mohon maaf baru kali ini dapat melanjutkan pembahasan kami untuk langah2 tersebut, karena kesibukkan kami dalam melakukan berbagai hal agar usaha yang kami lakukan saat ini berhasil, dan memang telah kami  buktikan bahwa langkah yang kami sebutkan disini telah menaikkan laba dan omset usaha yang sedang kami jalani.

Langkah ketiga ini adalah bagaimana kita memberikan nilai tambah sehingga pengunjung yang telah masuk  berkunjung dan mengadakan transaksi dengan kita mau mengeluarkan uang dari dompetnya sebanyak-banyaknya. Dalam konteks sebanyak-banyaknya disini kami tidak menyarankan untuk merampok isi dari dompetnya, namun kita mempunyai pikiran yang baik untuk menolong dan mengingatkan apa yang dibutuhkan pengunjung dengan kita,  mumpung dia sedang di tempat kita, sehingga pengunjung itu tidak melakukan pekerjaan berkali-kali /bolak-balik untuk mendapatkan apa yang dia butuhkan di tempat kita.

Jadi buang jauh prasangka tidak enak untuk menawarkan sesuatu dari kita baik itu produk atau jasa yang kita miliki, jangan simpan keunggulan jasa dan produk kita untuk diri sendiri, tawarkan kepada pengunjung yang datang di tempat kita, dan jadikan kunjungan mereka lebih baik,bantu mereka untuk mengingat apa yang sebenarnya mereka butuhkan.

Pernahkan para pembaca berkunjung ke KFC, Kentucky Friend Chicken? menurut kami restoran tersebut tidak hanya seperti slogannya jagonya ayam, namun lebih hebat lagi mereka adalah jagonya berjualan, karena setiap pengunjung yang datang akan selalu ditawari untuk membeli paket-paket hebat yang telah disediakan oleh mereka, seperti yang pernah kami alami, kami menginginkan untuk membeli 3 paket ayam, namun oleh petugas yang melayani diarahkan ke paket yang benar-benar dirancang dengan baik, yakni paket 3 ayam,plus 2 nasi,2 minuman, bonus 1 nasi 1 minumannya pilih sendiri,dan dapat pula paket gocengnya 2 , dan masih dapat bonus voucer es creamnya. Dari yang semula kita hanya ingin membeli tiga paket yang harganya saat itu Rp.50.500 di alihkan ke paket yang telah dirancang tersebut yang harganya lebih tinggi yakni 78.500. Dapat kita lihat disini para pembeli sebenarnya kebanyakan tidak mempunyai tujuan yang jelas dalam membeli suatu produk/jasa, mereka masih dapat dipengaruhi dalam memutuskan  pembeliannya, dan tahukan di KFC, cara-cara tersebut menaikkan laba lebih dari 1 milyard dolar untuk seluruh restorannya di dunia. Mereka dapat menaikkan pembelian setiap pengunjungnya hampir lebih dari 30 persen dari semula yang pengunjung  ingin beli.

Ada beberapa cara untuk menaikkan nilai pembelian per pengunjung di tempat kita yakni :

1. Menaikkan harga, kadangkala kita memberikan harga produk/jasa kita terlalu rendah dari pasar yang ada, maka selalu tes dan ukur, berapa harga yang cocok untuk pengunjung kita? kadangkala pengunjung senang membeli dengan harga murah, namun ada juga pengunjung membeli dengan harga yang mahal, seperti di bidang kesehatan, harga mahal identik dengan obat bagus, dokter terkenal, alat canggih, ruangan nyaman, namun sekali lagi tes dan ukur dahulu, apakah harga jasa dan prouk kita telah sesuai dengan pasar yang kita tuju?

2. Melakukan Up Sell atau menaikkan pembelian, seperti cerita diatas tadi, dimana pengunjung yang hanya ingin membeli produk seharga 50.500 menjadi membeli produk dengan harga 78.500. Tapi ingat, jangan memaksa pengunjung untuk membeli produk/jasa kita, sehingga mereka menyesal dan tidak akan berkunjung lagi untuk kedua kalinya.

3. Melakukan cross sell. Yakni dengan menwarkan produk/jasa lain yang terkait dengan jasa/ produk utama yang kita tawarkan, seperti di kedokteran, jika pangunjung hanya berkunjung untuk periksa maka ditawari agar pengunjung melakukan pengecekan laboratorium, pembelian buku, pembelian suplemen, atau pembelian alat kesehatan lainnya yang memang pengunjung butuhkan. Sekali lagi perlu diingat cross sell ini harus ditawarkan, jangan memaksa pengunjung untuk membelinya, seperti kita langsung masukkan ke dalam biaya pembelian utama mereka, seperti berobat langsung diberi termometer langsung dikenakan biaya, tanpa pasien tersebut mengetahuinya, hal tersebut hany akan membuat pengunjung kesal dan tidak akan kembali lagi.

4. Menawarkan paket. Kita harus kreatif dalam membuat paket-paket yang memang dibutuhkan oleh pengunjung kita, seperti tawarkan paket berobat sekeluarga dengan harga khusus, paket cek kesehatan dengan harga khusus dan lain-lain

5. Memberikan chek list. Biasanya pengunjung datang ketempat kita memiliki tujuan untuk membeli sesuatu, entah itu hanya satu atau banyak. Berikan daftar barang yang sering dibeli pengunjung untuk mengingatkan mereka, agar mereka tidak lupa apa yang seharusnya mereka beli.

6. Menerima segala macam bentuk pembayaran, kadankala pengunjung hanya membawa uang terbatas saat berkunjung di tempat kita, maka kita harus selalu menyediakan alat transaksi lain seperti alat EDC/ alat gesek kartu debit/kredit. Dengan menyediakan alat ini pengunjung dengan mudah mengeluarkan uang dalam jumlah tak terbatas dari kantong/dompetnya saja.

7. Beri insentif/bonus. Berikan ini keapada petugas kita yang melayani pengunjung agar mereka selalu mengingatkan dan selalu menawarkan penjualan lainnya. Jika petugas kita ada insentif mereka akan senang untuk menawarkan. Selain insentif kepada petugas kita, beri juga insentif kepada pengunjung yang melakukan pembelian lebih di tempat kita, seperti memberikan kupon,memberikan hadiah atau memeberikan sesuatu yang berguna bagi mereka dikemudian hari.

8. Memberikan kontrak pembelian. Tawarkan pembelian dalam jumlah yang kita paketkan, seperti pembelian untuk 10 hari, untuk 30 hari , atau bahkan untuk 1 tahun. Sehingga pengunjung kita akan mendapatkan manfaat dari kontrak pembelian ini, dan kita juga mendapatkan uang didepan untuk produk/jasa yang kita jual didepan.

Demikian tersebut yang dapat kami bagikan disini, langkah ke 3 bagaimana menaikkan laba usaha kita. Silahkan untuk mencobanya.

 

Senangnya berbagi !
  • Twitter
  • Facebook
  • email
  • Google Reader
  • LinkedIn
  • Google Bookmarks
  • Tumblr
  • More
bottom

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

bottom