logo logo

Bagaimana Menaikkan Laba Usaha ?

Salam semangat kemandirian sahabat.

Kali ini kami akan berbagi strategi bagaimana cara yang terbaik untuk meningkatkan laba dari suatu usaha, dan jika anda belum mempunyai suatu usaha kiat ini dapat dipergunakan bagaimana cara menaikkan income dan tabungan anda. Semoga tulisan kami kali ini dapat memberikan informasi kepada kita semua sehingga kita dapat saling berbagi untuk kebaikan bersama.

Ada 5 langkah untuk menaikkan laba usaha kita yakni :

1. Perbanyak orang tahu mengenai apa yang sedang kita kerjakan.

2. Perbanyak orang tersebut mengunjungi dan menjadi mitra usaha kita/pembeli produk/jasa kita

3. Perbanyak para pembeli tersebut membeli produk/jasa kita dalam sekali kunjungannya.

4. Perbanyak pembeli tersebut melakukan kunjungan ulang dan pembelian ulang produk dan jasa kita dalam waktu tertentu

5. Perbanyak laba usaha kita dengan berbagai cara.

 

Mari kita bahas satu persatu langkah tersebut  dan akan kami lakukan sambungan tulisan ini agar lebih menarik.

1. Langkah pertama yang harus kita pebaiki adalah berapa banyak orang yang telah mengetahui akan keberadaan usaha kita/apa yang sedang kita kerjakan?  Sebaik apapun usaha kita,dan seberapa besar manfaatnya usaha kita bagi banyak orang, jika tidak ada satupun orang mengetahui akan keberadaan kita maka kita tidak akan di respon oleh pasar. Seperti halnya dengan wanita cantik jelita,seorang pemenang model kecantikan dunia, jika dia sembunyi di kegelapan,tanpa penerangan,ditengah hutan belantara,dan sembunyi di gua apakah akan tampak kecantikannya?

Seperti usaha kita, keterampilan kita, seberapa hebatnya kita dalam melakukan suatu usaha atau pekerjaan jika tidak ada yang mengetahui maka siapa yang akan menilainya bahwa usaha atau pekerjaan kita itu adalah terbaik?

Lain halnya jika seorang wanita sudah cantik dari asalnya dan dia senang merawat tubuh dengan bedak/kosmetik lainnya sehingga lebih tampak cantik lagi, dan dia senang sekali mengunjungi agen pemotretan dan di potret oleh seorang photografer profesioanal dan di make up oleh tata rias profesional, dan kemudian hasil foto tersebut di cetak dan dimasukkan didalam sampul majalah terkenal di dunia, apa yang terjadi? Maka banyak orang yang mengetahui kecantikannya, tidak hanya satu, paling tidak para pembaca majalah tersebut dan orang disekitarnya akan tahu akan kecantikannya.

Bagaimana dengan anda? bagaiamana dengan usaha anda?

Semoga kita disini yang senang membaca tulisan dari kami ini sangat mengerti, seberapa besarnya manfaat dari publikasi mengenai diri kita atau jasa /produk yang kita tawarkan kepada pasar/ masyarakat.

Ada beberapa cara agar diri kita atau usaha kita dikenal dimasyarakat, yakni cara yang murah dan bisa dilakukan antara lain :

1. Publikasi, cara ini adalah yang paling murah, dan banyak tokoh dan usaha didunia ini menggunakan publikasi dalam menyampaikan apa yang sedang dikerjakan sekarang. Seperti contoh, guru kami Tung Desem Waringin menggunakan hujan uang untuk publikasi dalam menerbitkan buku Marketing Revolutionnya, seperti juga Richard Branson, CEO dari Virgin record, pengusaha eksentrik di dunia ini menggunakan super model untuk berbugil ria menempel di punggungnya. Publikasi Richard Branson tersebut dalam rangka peluncuran bukunya bussines with the stripedbare tahun 2009 dipulau pribadinya necker island. Banyak hal dari publikasi ini yang kita dapatkan ,jika kita mengkaitkan apa produk atau jasa yang kita tawarkan. Kami pernah melakukan publikasi mengenai Klinikita, sehingga kita dimuat di koran lokal,dan media elektronik lainnya. Silahkan lihat publikasi kami di sini http://klinikita.co.id/index.php?pilih=hal&id=28

2.Referal, atau jadikan orang lain/pembeli kita untuk mereferensikan/memberitahukan produk/ jasa yang kita tawarkan.

Cara ini juga cara yang murah untuk dilakukan. Kita pahami bersama bahwa masyarakat Indonesia ini pada umumnya senang memberitahukan /bercerita kepada orang lain. Ada studi yang mengatakan bahwa hampir 85% penduduk Indonesia membeli suatu produk/jasa karena diberitahu/direferensikan oleh orang lain. Jadi agar kita direferensikan / diceritakan orang lain yang baik-baik saja maka kaita harus menjaga sikap dan kualitas apa yang kita tawarkan kepada orang lain. Dalam bukunya Service Excelent karya Thomson mengatakan bahwa setiap orang yang diperlakukan baik/puas terhadap apa yang di terimanya akan menceritakan ke 3-7 orang terdekatnya, namun jika orang tersebut diperlakukan tidak baik/tidak puas terhadap pelayanan kita maka akan bercerita ke 13- 20 orang lain. Maka berhati-hatilah dengan apa yang kita lakukan kepada orang lain, terlebih lagi mereka adalah orang yang menjadi pembeli produk / jasa yang kita tawarkan. Jadi fokuslah kepada pelangan yang telah ada buat mereka merasa istimewa dan mereferensikan apa yang telah mereka terima dari jasa/produk yang kita tawarkan.

3. Endorsement atau pengakuan orang lain atas jasa atau produk kita. Hal ini juga kegiatan pemasaran yang paling murah. Jika produk/jasa kita dipakai oleh orang yang terkenal,maka segeralah kita meminta mereka untuk memberikan pengakuan/ testimoni terhadap produk/jasa kita. Biarkan mereka bercerita baik mengenai kita. Endorsement ini dapat dilakukan kepada publik figur/tokoh masyarakat yang telah diakui keberadaannya. Maka silahkan mencari kenalan orang yang sudah terkenal dan dekati mereka, beri mereka contoh/ layanan gratis dari produk/jasa yang kita tawarkan. Banyak cara agar para tokoh masyarakat tersebut ngomong  baik tentang kita. Maka pelajari cara berkomunikasi dengan baik dan menjadikan mereka teman

Masih ada cara lain lagi yang bisa gunakan agar diri kita atau produk/jasa kita diketahui orang lain, namun ketiga hal diatas adalah cara yang murah dan bisa dilakukan dengan segala kreativitasan kita. Cara-cara lain nya seperti memakai advertising/iklan, memakai direct mail/surat langsung, memakai salesman/direct sales, memakai keagenan, dengan telemarketing, dengan join venture, dengan menginduk kepada merk yang lebih besar, memberikan seminar, dan melakukan pameran ditempat keramaian.

Sekian dahulu tulisan kami ini, dan semoga berguna bagi kita semua, nantikan tulisan langkah ke 2 dalam rangka menaikkan laba usaha kita

 

 

Senangnya berbagi !
  • Twitter
  • Facebook
  • email
  • Google Reader
  • LinkedIn
  • Google Bookmarks
  • Tumblr
  • More
bottom

One Response to “Bagaimana Menaikkan Laba Usaha ?”

  1. arjun chaniago mengatakan:

    slm bagima cra memisah kan utng cara mendapat laba besar laku cepa

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

bottom