logo logo

Apa yang seharusnya dikerjakan pimpinan

Halo sobat doktermandiri yang saya banggakan, senang sekali dapat menjumpai anda dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindunganNya, kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai kepemimpinan.
Saya menulis artikel ini menggunakan ios 6.3 dan app wordpress utk ios terbaru sambil menunggu anak saya keluar kelas setelah ujian kenaikkan kelas 2 SD.
Saya yakin para pembaca blog ini adalah seorang pimpinan dan secara sadar ataupun tidak sadar kita semua adalah seorang pimpinan baik di lingkungan kecil kita ataupun lingkungan besar kita. Seorang pemimpin mempunyai syarat harus mempunyai orang lain yang dipimpinnya jadi paling tidak jika kita mempunyai orang lain yang kita pimpin maka kita adalah seorang pimpinan.
Jika kita seorang pimpinan dalam suatu organisai maka kita paling tidak mempunyai persamaan tujuan dari orang yang dipimpinnya, sehingga kita paham apa yang seharusnya akan kita lakukan sehingga orang yang kita pimpin berjalan sesuai / searah dengan tujuan yang akan kita capai.
Apakah yang harusnya kita kerjakan jika kita menjadi seorang pemimpin? Saya yakin sedikit orang yang memahami apa itu tugas dari seorang pemimpin/leader? Mari kita pahami satu persatu apa yang seharusnya kita lakukan jika kita menjadi seorang pemimpin. Adapun tugas atau pekerjaannya adalah :
1. Memberikan arahan kepada setiap pengikutnya,baik secara pribadi ataupun secara bersama-sama agar selalu ingat apabyang ingin dicapainya secara bersama
2. Fokus terhadap outcome/hasil akhir yang harus diraih oleh timnya
3. Eksekusi, ikuti dan audit pekerjaan setiap anggotanya/orang yang dipimpinnya bahkan diri sendiri juga harus dilakukan. Setiap pekerjaan yang direncanakan akan lebih baik hasilnya dari pada yang tidak direncanakan sama sekali, namun pekerjaan yang direncanakan itu harus terukur dan dikuti perkembangannya bahkan dapat diaudit atas apa yang dikerjakannya.
4. Bertanya kepada semua orang yang dapat membantu mempercepat mencapai tujuan bersama. Apapun permasalahan yang timbul pasti ada jawabannya, dan jawaban itu akan kita dalatkan jika kita bertanya kepada orang yang tepat.
5. Bangun kultur organisasi dengan ketuhanan,kekeluargaan, kedisiplinan, kerjakeras, kemauan utk belajar dalam memeberkan nilai tambah diri dan organisisnya
6. Fokus utk bertumbuh sehingga para pengikutnya juga akan mempunyai target – impian untuk tumbuh dan dicapai secara bersama sama
7. Pimpinan jangan selalu hanya memperhatikan pelanggan/pembelinya saja namun juga mengutamakan kepentingan pegawai, sehingga baik pegawai dan pelanggan sama-sama puas.
8. Jangan lupa untuk terus melakukan Inovasi dan perbaikkan dalam organisai yang dipimpinnya sehingga organisasi itu mampu dan mau untuk berkompetisi dengan kompetitor lainnya.
9. Mempunyai ukuran ttg apa yg berhasil,koreksi jika terjadi ketidak sesuaian atas harapan yang di inginkan.
10.ada indikator atau skor dlm mencapai tujuan, sehingga orang yang melakukan kegiatan dalam pencapaian tujuan akan jelas seberapa berhasilkah dia mengusahakannya
11. Mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya untuk mencapai tujuannya
12. Mengejar kebenaran.Jika mendapati suatu usaha yang tidak sesuai dengan aturan, norma, hukum dan ketetapan yang berlaku maka kita mempunyai kewajiban untuk meluruskan hal yang tidak benar tersebut dengan mengejarnya sampai didapati hal yang benar.
13. Jika ada tanda tanda tidak beres dlm bekerja panggil orangnya dan cari tahu apa penyebabnya sehingga ketidak beresan itu dapat diperbaiki dan diantisipasi tidak terulang lagi.

Demikian para sobat doktermandiri,semoga apa yang saya tulis ini bermanfaat.
Salam

Senangnya berbagi !
  • Twitter
  • Facebook
  • email
  • Google Reader
  • LinkedIn
  • Google Bookmarks
  • Tumblr
  • More
bottom

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

bottom